Kegiatan Posyandu di Pulau Kaladan, Pemdes Serius Atasi Stunting

Kuala Kapuas – Dalam rangka mendukung program pencegahan stunting, Pemerintah Desa pulau kaladan menggelar posyandu memberikan bonus pemeriksaan kesehatan bagi anak balita dan ibu hamil, bertempat di Posyandu Desa Pulau Kaladan, Kecamatan Mantangai, Kabupaten Kapuas, Kalteng, Senin (10/6/2024).

Selama kegiatan posyandu juga dilakukan pemeriksaan tumbuh kembang balita dengan mengukur tinggi badan, penimbangan berat badan, pembagian susu untuk balita serta pemeriksaan bagi ibu hamil.

Kepala Desa Pulau Kaladan, Sugianto mengatakan, kami selaku pemerintah desa meminta kepada petugas kesehatan untuk mendata anak balita paling aktip, dan warga yg hamil tidak mau memeriksakan kesehatan kandungannya.

“Kebijakan ini, agar memberikan semangat untuk mendorong mereka agar rutin memeriksakan kesehatan di posyandu, supaya ibu dan anak balita bisa terhindar dari stunting,” kata Kades Sugianto.

“Kami selaku Pemdes, juga memberikan bonus kepada anak balita dan ibu hamil berupa makanan tambahan dan uang bagi ibu-ibu hamil dan anak balita yg aktip setiap bulan memeriksakan kesehatan.

Untuk itu, Saya menginginkan masyarakat sehat bebas dari resiko stunting. Maka dari itu, kenapa hal ini kita lakukan agar ibu hamil dan balita selalu sehat,” ujar Sugianto.

“Jadi, lanjut Kades Sugianto, pemberian bonus bukan hanya untuk posyandu balita, selain itu juga untuk posbindu lansia.

“Lalu, bagi siapa yg paling rutin berobat tanpa ada absen akan di kasih bonus berupa susu dan juga uang tunai,” tutur Sugianto.

Kades Pulau Kaladan mengharapkan pemberian bonus ini menjadi penyemangat mereka untuk bisa berlomba-lomba untuk rutin memeriksa kesehatan mereka di setiap kegiatan posyandu anak balita dan posbindu. Kegiatan tersebut bekerjasama dengan UPT Puskesmas kecamatan mantangai. (habarkalimantan)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *